James Cameron’s AVATAR – Review

~ The Most Anticipated and Best Movie of 2009

Gelar itu pantas didapatkan oleh AVATAR, proyek James Cameron yang sudah bertahun2 dibuat ini akhirnya keluar juga. Setahun terakhir kita disodorkan dengan foto2 produksi film ini membuat makin penasaran dan kabarnya film ini memakan biaya sampai 400 Juta Dollar. Tetapi dengan biaya sebesar itu, biaya itu tidak akan sia-sia bila ditangani sutradara sekelas Cameron. Setelah sukses membuat Terminator dan Titanic menjadi raja Box Office, kali ini Cameron menciptakan dunia khayalannya sendiri ke dalam film dengan CGI tercanggih yang pernah ada. Menggunakan teknik animasi/CGI yang dashyat dan berbeda dari film lain, membuat animasi di film ini sangat nyata. Bahkan bisa dibilang animasi terbaik yang pernah ada.

Cerita dimulai dengan Jake Sully seorang mantan marinir yang lumpuh, dan ditugaskan untuk menggantikan kakaknya yang telah meninggal. Karena kesamaan DNA dengan kakaknya, ia dikirim ke planet Pandora untuk menggunakan Avatar yang pernah dimiliki kakaknya. Avatar tersebut digunakan agar para manusia bisa berbaur dengan para penduduk planet Pandora yaitu Na’vi. Tujuannya untuk penelitian terhadap planet tersebut karena planet itu sangat kaya akan sumber daya alam. Di film ini digambarkan manusia yang serakah dan mau mengambil semua hasil sumber daya alam nya sehingga para penduduk Pandora marah, di lain pihak karena keasikan Jake memakai avatar tersebut, ia menjadi dekat dengan penduduk setempat dan merasa dirinya seperti para penduduk Pandora bukan manusia lagi.

Singkat cerita Jake bimbang ketika pertarungan antara manusia dan suku Na’vi berlangsung, ia harus membela rasnya yaitu manusia atau ikut membela suku Na’vi untuk mempertahankan planet itu dari penjajahan manusia. Untuk itu tontonlah sendiri filmnya, dijamin akan larut dalam ceritanya dan tercengang melihat keindahan Pandora.

Film ini berdurasi sekitar 2 1/2 jam, tetapi tidak membosankan karena Cameron dengan visi briliannya benar2 berhasil membuat kita seakan2 meninggalkan bumi sejenak dan ikut berpetualang di planet Pandora. Lingkungan dan pemandangan Pandora divisualisasikan sangat indah, ditemani dengan scoring yang juga tak kalah indahnya, membuat para penontonnya seakan berada disana. Definitely worth to watch, dan kalau bisa tontonlah versi 3Dnya, karena akan mendapat feel yang beda apalagi ketika scene malam dimana hutan2 di planet tersebut turns into glow in the dark.

Perfect movie for a holiday season.

9.5/10

This entry was posted in Movies and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to James Cameron’s AVATAR – Review

  1. xcatra says:

    yeaaahhh!!!!! AVATAR is definitely the best movie of 2009…..

    akhir tahun yang bener2 memukau ye….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s