Paranormal Activity – Review

paranormal-activity-poster

~ What Happens When You Sleep? ~

Mungkin predikat “One of the Scariest Movie of all time” pantas diraih oleh Paranormal Activity. Film horror yang disutradarai oleh Oren Peli ini belakangan menjadi topik hangat pembicaraan di sejumlah media, baik elektronik maupun cetak, selain itu banyak juga dibahas di dalam komunitas/website pencinta film, bahkan sempat menempati peringkat #1 di US Box Office selama beberapa minggu mengalahkan SAW VI.

Pada tahun 2007, film low budget ini tadinya hanya dibuat untuk kepentingan festival film saja (limited screening), hingga pada suatu saat salah satu studio terbesar di Hollywood, Paramount Pictures tertarik untuk mendistribusikan secara luas (wide release). Itu semua dilakukan karena banyaknya request dari penonton yang meminta film ini untuk diputar di sejumlah bioskop.

paranornmal-activity-screenshot-1024x636

Cerita dimulai dengan pasangan yang mempunyai masalah karena sering diganggu oleh aktivitas2 paranormal ketika mereka berada di rumah. Karena merasa risih mereka memutuskan untuk merekam segala bentuk aktivitas2 itu ke dalam kamera, yang nantinya bisa dipakai sebagai bukti. Merasa masalah tidak bisa diselesaikan akhirnya mereka memanggil seorang cenayang untuk membantu memecahkan masalah apa yang selama ini terjadi. Bukan memperbaikinya malah mereka semakin di ‘ganggu’ hingga penghujung film. Sepanjang film kita diajak mengikuti alur cerita yang naik-turun, menegangkan sekaligus membuat penasaran, dan yang lebih baik lagi film ini dapat menjaga ketegangannya hingga akhir film. Diambil dengan kamera handheld membuat film ini terus dibanding2kan dengan ‘Blair Witch Project” karena idenya sama.

Hype film ini tergolong sangat tinggi, hingga sutradara ternama Steven Spielberg pun tertarik menontonnya. Merasa kurang sreg dengan endingnya, Spielberg pada saat itu menganjurkan agar ending versi festival diganti demi memuaskan para penonton. Bila anda menontonnya sekarang, anda akan melihat ending versi theatrical atau bisa dibilang ending versi Spielberg, dimana buat saya ending tersebut memang paling cocok untuk mengakhiri film ini.

271009083429_paranormal-activity-movie-r

Mungkin film ini adalah satu2nya film sepanjang tahun 2009 yang bisa bikin saya paranoid setelah menontonnya. Tidak bisa dipungkiri adegan2 yang ada di film ini masih melekat di pikiran saya karena benar2 menegangkan dan mencekam.

Untuk itu saya memberi nilai untuk film ini :

9/10

Tidak direkomendasikan bagi penderita sakit jantung dan ibu hamil (*apa coba :D)

This entry was posted in Movies and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Paranormal Activity – Review

  1. prisse says:

    nice review.. hahaha gue bakal jadi salah satu orang yg TIDAK akan nonton film itu haahha.. tapi kalo nonton dalam situasi terang benderang dan ramai.. hmm mungkin bisa sih.. tapi tetep ogaaahh..

  2. fachri says:

    hmm..org2 pd heboh ama nie film kyy…dan gw mlh g ngrt crta ttg nie film?????
    CONFUSED..
    liat dari trailernya aja c baru….dari situ gw liat mlh mirip2 4th kind..lah make handcam…mkin digemari kyy handcam u/ film2 yg baru kluar..biar audiencenye lbh brasa filmnye kyy..
    btw kpn mang lan dijkt nongol nie film???

  3. xcatra says:

    gokil memang neh film…. the most scariest movie of all time?! yes indeed!!!!

  4. Pingback: The Fourth Kind – Review « Koffie Break

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s