The Fourth Kind – Review

Ketika mendengar film ini banyak diperbincangkan oleh orang2 di komunitas film, sedikit banyak membuat saya tertarik untuk menonton film ini apalagi banyak yang membandingkan ketegangan film ini dengan Paranormal Activity walaupun berbeda dalam hal tema cerita. The Fourth Kind juga sempat masuk dalam INAFFF 2009 bulan November lalu sebagai Closing Film.

Cerita berpusat di sebuah kota bernama Nome, Alaska, dimana penduduknya selalu mengalami kejadian yang aneh dan ditambah banyaknya laporan mengenai orang yang hilang tanpa jejak yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Suatu ketika muncul fenomena baru, sebagian penduduk di kota itu seakan dihantui oleh seekor burung hantu, burung itu selalu mengawasi mereka dari luar rumah seperti memberikan tanda bahwa akan terjadi sesuatu terhadap mereka. Dr. Abigail Tyler (Milla Jovovich) yang seorang psikolog lokal di kota itu, menerima banyak pasien yang mengeluh tentang kejadian itu, untuk menyelidiki kasus itu lebih dalam, dengan bantuan video kamera ia merekam setiap interview yang ia lakukan terhadap pasiennya. Setelah diselidiki lebih lanjut, kejadian burung hantu tersebut itu mengarah ke sebuah penculikan, tetapi bukan penculikan biasa melainkan penculikan oleh alien (alien abduction).

Teka-teki tentang apa/siapa yang menyebabkan itu semua digambarkan dengan cara yang cukup berbeda, sutradara menyertakan juga video yang katanya “real footage” dari kejadian nyata yang pernah terjadi di Nome bersampingan (side-by-side) dengan filmnya. Sengaja untuk coba meyakinkan penonton bahwa film ini merupakan kejadian nyata. Padahal….semua itu cuma rekayasa.

Film yang berdurasi 96 menit ini dimulai dengan sangat lambat, dan sampai akhir pun pace film ini sangat lambat. Diawal2 film saja kalau menurut saya film ini sangat membosankan, ditambah acting dari Milla Jovovich yang kurang meyakinkan membuat saya makin bosan menontonnya. Film ini memang cukup menegangkan tetapi masih kalah menegangkan dibanding dengan Paranormal Activity.

Sorry ngga bisa kasih nilai tinggi2.

6.5/10

About these ads
This entry was posted in Movies and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to The Fourth Kind – Review

  1. xcatra says:

    wuih…. ud nonton aja loe di blitz, hmm… lebih kerenan PA ya? memang seh beberapa ada yang blg sereman ini, sereman PA, tergantung seh……

    tp gw masih penasaran sama film ini, pgn seh nonton…. tp kapan yes??? liat tar deh…. hehehehehe…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s